STRES SAAT HAMIL? COBA ATASI DENGAN 5 HAL INI


Kehadiran calon buah hati di perut seorang perempuan selain membuat perubahan fisik juga perubahan emosi. Salah satunya, perempuan hamil jadi rentan stres.

"Sangat umum bagi wanita hamil merasakan stres," terang dokter dari Reproductive Medicine Associates of Connecticut, Spencer Richlin.

Bagi ibu hamil yang alami stres bisa berpengaruh lho terhadap janin yang dikandung. Salah satu penelitian sebutkan bahwa stres yang berlangsung pada saat hamil membuat berat badan sang bayi saat lahir rendah atau kurang dari 3,5 kg. Risiko lainnya adalah kelahiran prematur hingga yang paling parah keguguran.

Tak cuma itu, dalam penelitian lain disebutkan bahwa stres saat hamil menyebabkan perilaku anak yang kurang baik saat tumbuh nanti. Hal ini terkait dengan temperamen, perhatian, serta emosional pada bayi.

Oleh karena itu, yuk sikapi stres dengan baik agar tidak menjadi masalah berlarut-larut. Seperti dilansir Fox, Senin (16/3/2015) berikut caranya:

1. Ketahui sumber stres "Coba identifikasi sumber stres sehingga dapat menyusun hal-hal apa saja yang bisa membantu mengatasi hal tersebut agar lebih rileks," terang Richlin.

2. Olahraga teratur Ingin stres hilang sekaligus berat badan saat hamil tak berlebih? Olahraga jawabnya. "Pilih olahraga kesukaan yang sudah biasa mereka lakukan sebelum hamil," jelas Richlin. Berolahraga dengan aktivitas fisik yang biasa dilakukan lebih baik dilakukan ketimbang mencoba olahraga baru karena bisa membuat kehiangan keseimbangan.

3. Punya teman curhat Saat hamil banyak orang yang akan memberi perhatian pada Anda. Biarkan mereka dekat dengan Anda dan ajak bicara salah satu dari mereka mengenai permaslaah yang sedang Anda alami. Richlin pun mengingatkan agar ibu hamil tidak lupa bersosialisasi dan bersenang-senang dengan teman-teman.

4. Bicara dengan dokter Setiap bulan, ibu hamil pada umumnya mengecek kondisi kandungan. Jadikan kesempatan ini tak hanya untuk mengetahui kesehatan Anda dan janin, tak ada salahnya lho mengungkapkan bahwa Anda sedang stres. Bisa jadi, dokter akan memberikan cara mengelola stres.

5. Rilekskan diri Sibuk mempersiapkan kehadiran bayi, banyak ibu hamil yang lupa untuk bersantai. Nah, coba luangkan waktu sebentar untuk diri Anda sendiri, meditasi misalnya.

Sudah membaca lima langkah di atas? Nah, kini tinggal aplikasikan dalam kehidupan Anda.

Sumber: liputan6.com



Posted By Yozha Riennanda | 2016-07-15 10:50:47

  REGISTRASI ONLINE