MANFAAT VERNIX CASSEOSA PADA KULIT BAYI


Apakah kulit bayi yang bersih itu lebih baik dari pada yang tampak kotor karena dilapisi oleh lapisan putih seperti lemak? Mungkin memang tampak kurang elok terlihat, tetapi ternyata banyak sekali fungsi dari lapisan yang disebut sebagai vernix casseosa ini. Vernix casseosa adalah lapisan yang berwarna putih, berbentuk seperti krim, terjadi secara alamiah yang melapisi kulit dari janin selama trimester akhir dari kehamilan. Zat ini berasal dari kelenjar minyak bayi dan terdiri dari sel minyak serta sel kulit yang telah mengelupas. Kandungan yang terdapat dalam zat tersebut terdiri dari air (80,5 persen), protein (10,3 persen) dan lipid (9,1 persen). Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa di dalam vernix juga terkandung polipeptida antimikroba yang mampu melindungi bayi dari invasi mikroba. Ketika bayi lahir, zat tersebut juga masih terdapat pada permukaan tubuh bayi. Zat ini berguna untuk mencegah infeksi karena mengandung protein yang memiliki sifat seperti antibiotik.

Vernix casseosa melapisi kulit bayi untuk melindungi kulit bayi baru lahir dan membantu adaptasi kulit di luar rahim pada minggu awal masa kelahiran jika tidak segera dibersihkan setelah melahirkan. Fungsi yang paling penting adalah dengan membantu menjaga agar kulit bayi baru lahir agar tidak mudah kehilangan panas tubuh sehingga bayi tidak kedinginan.

Mengingat manfaat dari vernix casseosa ini maka panduan terbaru dari WHO adalah jika ditemukan adanya vernix casseosa maka tidak perlu membersihkan lapisan ini dari kulit bayi dan dibiarkan sampai mengering. Jadi, jangan merasa sedih jika bayi anda tampak seperti kotor karena dilapisi oleh vernix casseosa karena ternyata lapisan ini sangat berguna bagi bayi baru lahir.
Sumber : dr Ridwan, SpOG - detikHealth



Posted By Yozha Riennanda | 2016-07-15 10:18:47

  REGISTRASI ONLINE