PERSALINAN TANPA RASA NYERI


Saat ini melahirkan dengan sedikit atau bahkan tanpa rasa nyeri dapat dilakukan dengan bantuan medis, salah satunya adalah dengan ELA/ILA dimana ibu dapat melahirkan dengan normal tetapi rasa nyeri dapat dimimalisir.

Cara Mengatasi nyeri selama proses persalinan
Dengan teknik spinal dan epidural yang prosedurnya dilakukan oleh dokter anastesi yang berkolaborasi dengan dokter obgyn.
1. Spinal atau ILA (Intratechal Labour Analgesia) adalah teknik untuk menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri pada proses persalinan normal, ILA diberikan melalui injeksi di area punggung di rongga spinal atau tulang belakang bagian bawah.
Proses spinal atau ILA dapat dilakukan baik dalam posisi duduk atau berbaring miring. Biasanya ibu akan hilang rasa nyeri dibagian perut ke bawah tak lama sesudahnya, walaupun demikian ibu dapat tetap mengedan .
2. Epidural atau ELA (Epidural Labour Analgesia)adalah teknik penyuntikan obat anastesi ditulang belakang, prosesnya sama seperti teknik spinal atau ILA yang membedakan yaitu selang kateter di tulang belakang tetap terpasang hingga persalinan selesai. Tujuannya jika efek injeksi epidural berkurang sebelum persalinan selesai maka akan dilakukan injeksi ulang agar ibu tidak merasa sakit lagi.

Kapan ELA/ILA di Lakukan?
Dilakukan saat awal kala 2 atau pembukaan 4cm saat rahim mulai aktif berkontraksi dan rasa nyeri mulai terasa semakin meningkat.

Apakah aman untuk bayi?
Epidural dan spinal tidak mempengaruhi bayi di dalam kandungan, aman untuk ibu dan bayinya.

Hubungan ELA/ILA dengan kejadian Sectio Caesarea (SC)?
Teknik ini menghilangkan rasa sakit selama proses persalinan sehingga dapat menurunkan angka kejadian SC yang disebabkan karena permintaan ibu akibat tidak kuat menahan rasa sakit slama proses persalinan berlangsung.

Apakah Akan Berpengaruh Dengan kwalitas ASI?
Ibu tetap dapat memberikan asi selama kateter epidural terpasang karena obat yang digunakan tidak mempengaruhi proses menyusui dan kwalitas ASI yang dihasilkan oleh ibu

Apakah Manfaat ELA/ILA?
-mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri
-aman untuk ibu dan bayi
-tidak mempengaruhi proses persalinan dan ibu tetap mengetahui kapan rahim kontraksi sehingga ibu tetap dapat menegjan
-menghilangkan rasa nyeri setelah melahirkan
-Tindakan Epidural dapat digunakan untuk anastesi bila di perlukan tindakan operasi SC
-Ibu tetap sadar dan dapat berpartisipasi aktif selama proses melahirkan.
Apakah efek samping dari ELA/ILA?
- Rasa kesemutan atau baal pada kedua kaki, hal ini normal dan akan hilang setelah melahirkan.
- Tekanan darah dapat menurun tetapi hal ini jarang terjadi.
- terasa pegal di punggung bawah, hal ini akan hilang sesaat setelah melahirkan.

Apakah efek samping dari SPINAL?
- penurunan tekanan darah akan lebih banyak terjadi
- setelah penyuntikan spinal dengan kejadian yang meningkat bila penyuntikan dilakukan lebih dari 1 kali.

Apa Itu PCA?
Patient Controlled Analgesia (PCA) Merupakan suatu metode interaktif dan muktahir dalam penanganan nyeri, dimana pasien diikutsertakan secara aktif dalam menentukan jumlah analgetik yang diberikan yang sesuai untuk dirinya sendiri.
Penanganan nyeri dengan PCA menggunakan suatu alat infuse elektronik dengan pompa dan dilengkapi dengan tombol control untuk memasukan sejumlah dosis analgesia. Obat analgesia akan masuk bila pasien menekan tombol dengan dosisi analgesia yang telah terprogram sebelumnya. Pemberian analgetik melalui PCA sering digunakan untuk penanganan nyeri pada pasien pasca operasi



Posted By Vida Nidiyanita | 2017-08-26 09:22:35

  REGISTRASI ONLINE