MANFAAT MENDONGENG UNTUK SI KECIL


Moms, sudahkah kita meluangkan waktu untuk mendongeng atau membacakan cerita untuk anak? Mendongeng bisa jadi aktivitas positif yang bisa kita lakukan bersama anak. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari aktivitas mendongeng rutin ke anak. Kalau dilakukan dengan baik dan terarah, kegiatan mendongeng akan mempengaruhi tumbuh kembang anak berjalan optimal dan lebih positif. Kita juga bisa mengajak anak untuk mengenal ragam budaya yang berbeda-beda. Pemahaman anak tentang dunia yang luas akan lebih mudah ditanamkan jika disampaikan dengan cara yang menyenangkan Berikut ini manfaat dari mendongeng.
1. Kemampuan Verbal Anak Bisa Meningkat
membacakan cerita ke anak-anak bisa membuat mereka terbiasa dengan bahasa yang digunakan sekaligus mempelajari kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan. Jadi begini, mendongeng itu merupakan sebuah teknik yang sangat ampuh untuk melatih anak-anak agar lebih terbiasa dengan bahasa sehari-hari yang digunakan. Tak hanya itu saja, kemampuan mendengar anak-anak juga akan meningkat secara signifikan. Saat anak mendengar cerita, mereka bisa lebih fokus sekaligus belajar untuk memahami sesuatu dengan baik.
2. Mempermudah Anak untuk Memahami Nilai-Nilai Kebaikan
anak-anak selalu punya rasa ingin tahu yang besar tentang karakter cerita yang mereka dengar dan malah ingin meniru karakter favoritnya tersebut. Dengan menceritakan sebuah kisah yang penuh makna kebaikan dan hal-hal positif, secara tidak langsung kita juga sedang menanamkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada anak. Nilai-nilai kebaikan ini nantinya bisa jadi bekal untuk hidupnya di masa depan dan membentuk karakternya lebih positif lagi.
3. Kemampuan Berkomunikasi Anak Bisa Lebih Baik
Pada saat tertentu, anak-anak bisa merasa ragu atau takut untuk bertanya. Meskipun pikiran mereka penuh akan pertanyaan, mereka sering tak tahu bagaimana cara mengeluarkan pertanyaan tersebut. Melalui media mendongeng atau membacakan cerita, kita bisa memancing anak untuk bertanya dan menyampaikan sesuatu. Anak bisa terpancing untuk mengutarakan sesuatu dengan bahasanya. Bila keingintahuan anak-anak yang besar ini bisa diakomodasi dengan baik, ia akan tumbuh menjadi anak dengan kemampuan komunikasi yang baik dan percaya diri.
4. Daya Ingat Anak Bisa Lebih Tajam
Ketika selesai mendongeng, kita bisa memancing anak untuk mengingat kembali cerita yang sudah diceritakan. Cara ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan daya ingat dan mempertajamnya. Kalau anak masih berusia di bawah lima tahun, kita bisa menggunakan buku bergambar, lalu menyebutkan nama karakter tertentu dan meminta anak si kecil untuk menunjuk gambar karakter yang kita sebutkan. Secara tidak langsung, kita telah melatih daya ingat anak agar lebih tajam.



Posted By Devi Wahyuni | 2017-04-27 08:04:53

  REGISTRASI ONLINE