BAGAIMANA MENGATASI DEMAM PADA ANAK ?


Demam merupakan reaksi alami tubuh untuk melawan infeksi yang 90% disebabkan oleh virus. Hal ini terlihat sepele karena sudah sering terjadi dan dialami oleh semua orang, tapi demam bisa menjadi hal yang menakutkan serta paling sering membuat cemas dan panik jika yang mengalami demam adalah anak terutama bayi dan balita.

Anak bisa dianggap demam jika suhu tubuh dalam keadaan lebih dari 37,5 derajat celcius dan dikatakan berbahaya jika sudah lebih dari 38-39 derajat celcius apalagi jika anak sudah terlihat lemas, malas minum, dan sulit beraktivitas. Untuk mengetahuinya sebaiknya suhu tubuh diukur dengan termometer bukan hanya mengira ngira dengan tangan saja dan segera berikan obat penurun panas.

Menurut dr.Alfi Marita Tristiarti selaku Manajer Medis RSIA Belleza Kedaton, Penanganan pertama yang bisa orang tua lakukan jika anak demam tinggi di rumah dan dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk membawa langsung ke Rumah Sakit yaitu dengan memakaikan baju tipis dan nyaman kepada anak, ini bertujuan agar suhu panas dalam tubuh dapat keluar, suhu ruangan harus sejuk, jangan lupa berikan banyak minum kepada anak, kompres dengan air hangat terutama daerah-daerah yang terdapat pembuluh darahnya seperti kepala, ketiak dan selangkangan, usahakan untuk membatasi aktivitasnya agar tidak semakin lelah dan mengalami dehidrasi. utamakan jangan panik, karena jika orang tua panic hanya akan keadaanya hanya semakin memburuk. Jika sudah melakukan hal tersebut namun suhu tubuh anak tidak juga turun bahkan mencapai > 39 derajat celcius atau demam lebih dari tiga hari maka sebaiknya cepat di bawa ke Dokter untuk segera ditangani.



Posted By Devi Wahyuni | 2017-04-21 03:58:47

  REGISTRASI ONLINE