PENTINGNYA MEMILIH POLA ASUH UNTUK ANAK


Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Belleza Kedaton gelar mini seminar umum dengan tema "Bolehkah memarahi anak?", hadir psikologi anak sebagai narasumber yaitu Sutikno, S.Psi, Rabu (15-03-2017). Dalam acara yang diadakan pukul 10.00 tersebut, dihadiri kurang lebih 100 ibu-ibu yang berasal dari kota Bandar Lampung. Menurut Humas RSIA Belleza Kedaton, Devi Yusda Wahyuni, mengatakan mini seminar parenting ini diadakan untuk bekal buat calon ibu atau ibu muda yang baru saja mempunyai anak. "Parenting seminar ini sebagai edukasi ke orang tua terutama ibu untuk memahami karakter mendidik anak, serta dampak yang terjadi bila kita mendidik anak terlalu keras atau bahkan terlalu membiarkan tanpa ada aturan", kata Devi

Ada 4 (empat) pola asuh yang diterangkan oleh Sutikno yaitu Demokratis (authoritative), Hangat & Dekat (Indulgent), Cuek (Uninvolved), Otoriter (Authotarian). Pola pengasuhan Demokratis lebih menekannya orang tua harus bersikap menjadi teman dimana anak-anak bebas mengemukakan pendapatnya. Orang tua lebih mau mendengar keluhan dari anaknya, dan mau memberikan masukan. Ketika anaknya diberi hukuman, orang tua menjelaskan kenapa dia harus dihukum. Dampak dari pola pengasuhan ini yaitu mebentuk karakter anak secara mandiri, percaya diri, kreatif, disiplin, dan mempunyai tanggung Jawab.

Sedangkan mengasuh anak dengan pola asuh hangat & dekat, lebih menekankan orang tua yang mendidik anak dengan rasa sayang yang berlebih sehingga orang tua tidak bisa tegas dengan anak, selalu mentolelir kesalahan yang dilakukan anak, kurang mengarahkan. Pola asuh ini akan membuat anak makin manja, tidak mandiri, dan kurang disiplin. Dampak positif dari pola asuh ini anak mempunyai percaya diri dan kreatif. Mengasuh anak dengan perilaku cuek, jarang bertemu anak walaupun serumah di sebabkan orang tua sibuk bekerja, mengabaikan emosi anak tetapi memenuhi apa yang dibutuhkan anak. Pola asuh yang seperti ini akan membentuk karakter anak yang kurang cepat beradaptasi dengan lingkungan.

Sutikno mengutarakan dengan memaparkan beberapa tipe pola asuh serta menjabarkan dampak postif dan negatif ke orang tua, diharapkan orang tua akan memilih pola asuh yang tepat untuk anak-anaknya. Tidak dipungkiri karakter anak terbentuk dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. "Seminar ini memaparkan bagaimana orang tua besikap ke anak, jika orang tua sudah menerapkan salah satu pola asuh ke anak maka mereka akan lebih tahu dampak atau hasil dari pola didiknya", kata Sutikno. Pentingnya orang tua mengetahui pola asuh mendidik anak agar kedepannya menghasilkan anak-anak yang cedas dan berkpribadian baik.



Posted By Yozha Riennanda | 2017-03-22 15:56:35

  REGISTRASI ONLINE